Mengenal Gaya Belajar Anak: Hari 1
Perkuliahan
Bunda Sayang Institut Ibu Profesional yang saya ikuti saat ini sudah memasuki level
ke-4, dengan materinya “Mengenal Gaya Belajar”. Kami diminta untuk mengamati
gaya belajar pada anak atau diri sendiri dan pasangan untuk mengoptimalkan
kecerdasan yang dimiliki. Bagi yang sudah memiliki anak, kami diminta untuk
memilih satu anak saja yang akan diamati gaya belajarnya.
Pada kesempatan
ini, saya akan melakukan pengamatan pada anak sulung saya yang sekarang duduk
di kelas 2 SD agar ia lebih bersemangat untuk belajar baik formal maupun
nonformal. Anak sulung saya akan menjadi prioritas pengamatan. Namun, saya juga
akan sembari mengamati adiknya, yang sekarang bersekolah TK sebagai bekal saya
dalam mendampinginya belajar nanti.
Pada
materi perkuliahan ini dijelaskan bahwa setiap anak pasti bisa belajar dengan baik, setiap anak akan belajar dengan cara yang berbeda. Selain itu, juga dijelaskan bahwa modalitas belajar adalah cara informasi masuk ke dalam otak melalui indera yang kita miliki. ada tiga macam modalitas belajar anak:
❏ Auditory
: modalitas ini mengakses segala macam bunyi, suara, musik, nada, irama, cerita, dialog, dan pemahaman materi pelajaran dengan menjawab atau mendengarkan lagu, syair, dan hal-hal lain yang terkait.
❏ Visual : modalitas ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik, serta peta pikiran, dan hal-hal lain yang terkait.
❏ Visual : modalitas ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik, serta peta pikiran, dan hal-hal lain yang terkait.
❏
Kinestetik : modalitas ini mengakses segala jenis gerak, aktivitas tubuh,
emosi, koordinasi, dan hal-hal lain yang terkait.
Anak-anak saat ini sedang libur sekolah. Mereka berkumpul di rumah kakeknya bersama dengan para sepupunya. Karena saya bekerja di ranah publik, membuat saya tidak bisa membersamai anak-anak seharian secara langsung. Pengamatan yang saya lakukan pada hari pertama game level 4 ini yaitu pada pagi hari sebelum saya berangkat bekerja, siang hari saat jam istirahat, dan sore sepulang bekerja hingga malam hari sebelum tidur.
Pada pagi hari tadi, sembari saya bersiap-siap untuk berangkat bekerja saya perhatikan anak-anak bermain di luar rumah. Mereka berkeliling halaman rumah kakeknya (kami sedang menginap di sini) sambil saling bercerita >》kinestetik-auditory.
Di siang hari ketika pulang, saya mendapatkan si sulung sedang menyusun balok kayu membuat garasi untuk menyimpan mobil-mobilannya >》kinestetik.
Sedangkan adiknya mendengarkan cerita di tablet hafiz nya >》 auditory.
Pada sore hari setiba saya di rumah, si sulung bertanya kepada saya "Bu, aku boleh minta beliin raket kayak begini?" Sambil menunjukkan raket sepupunya yang dipegangnya. Setelahnya dia bercerita kalau baru selesai bermain bulutangkis. "Aku mau belajar main bulutangkis buuu" lanjutnya >》 kinestetik
Dan di malam hari mereka membuat terowongan dari karpet plastik dan menggelindingkan bola melalui terowongan itu >》 kinestetik.
Hasil pengamatan hari ini: si sulung dominan kinestetik dan adiknya auditory.
#hari1
#gamelevel4
#tantangan10hari
#gayabelajaranak
#kuliahbunsay
@institut.ibu.profesional
Kalau gambar ini sumbernya dari sini
Anak-anak saat ini sedang libur sekolah. Mereka berkumpul di rumah kakeknya bersama dengan para sepupunya. Karena saya bekerja di ranah publik, membuat saya tidak bisa membersamai anak-anak seharian secara langsung. Pengamatan yang saya lakukan pada hari pertama game level 4 ini yaitu pada pagi hari sebelum saya berangkat bekerja, siang hari saat jam istirahat, dan sore sepulang bekerja hingga malam hari sebelum tidur.
Pada pagi hari tadi, sembari saya bersiap-siap untuk berangkat bekerja saya perhatikan anak-anak bermain di luar rumah. Mereka berkeliling halaman rumah kakeknya (kami sedang menginap di sini) sambil saling bercerita >》kinestetik-auditory.
Di siang hari ketika pulang, saya mendapatkan si sulung sedang menyusun balok kayu membuat garasi untuk menyimpan mobil-mobilannya >》kinestetik.
Sedangkan adiknya mendengarkan cerita di tablet hafiz nya >》 auditory.
Pada sore hari setiba saya di rumah, si sulung bertanya kepada saya "Bu, aku boleh minta beliin raket kayak begini?" Sambil menunjukkan raket sepupunya yang dipegangnya. Setelahnya dia bercerita kalau baru selesai bermain bulutangkis. "Aku mau belajar main bulutangkis buuu" lanjutnya >》 kinestetik
Dan di malam hari mereka membuat terowongan dari karpet plastik dan menggelindingkan bola melalui terowongan itu >》 kinestetik.
Hasil pengamatan hari ini: si sulung dominan kinestetik dan adiknya auditory.
#hari1
#gamelevel4
#tantangan10hari
#gayabelajaranak
#kuliahbunsay
@institut.ibu.profesional
Sipp mantap. Lanjutkan pengamatan...👍👍
BalasHapus❤
Hapus